Selamat Datang Di Blog Sederhana ini

Selasa, 28 Februari 2012

FUNGSI SUSPENSI


FUNGSI SUSPENSI

Suspensi berfungsi sebagai untuk mengurangi kejutan maupun getaran pegas yang di tempatkan di antara rangka dengan poros kejutan atau getaran yang di timbulkan oleh mesin ataupun kondisi jalan dapat dikurangi atau sifat elastifitas pegas sehingga tidak sampai ke body kendaraan selain itu pegas suspensi memberikan tambahan kemampuan cengkraman ban terhadap permukaan jalan.


FUNGSI KOMPONEN SISTEM STATER


FUNGSI KOMPONEN SISTEM STATER


Sistem stater berfungsi untuk mengubah tenaga listrik dari baterai menjadi tenaga mekanik pada motor stateruntuk memutarkan poros pada saat awal menghidupkan mesin

FUNGSI KOMPONEN-KOMPONEN SISTEM PENGISIAN


FUNGSI KOMPONEN-KOMPONEN SISTEM PENGISIAN

1.       Fungsi generator adalah mengubah tenaga mekanik menjadi tenaga listrik.
2.       Fungsi generator DC adalah dapat melewati sikat muka komutator.
3.       Fungsi penampang alternator adalah dibuat dari 4 komponen yaitu stator assembly, rotor assembly, dan dua end frame assembly.
4.       Fungsi stator assembly adalah sebagai penghantar pada stator dibuat 3 kumparan kawat.

FUNGSI KOMPONEN SISTEM PENGAPIAN


FUNGSI KOMPONEN SISTEM PENGAPIAN

1.       Fungsi komponen sistem pengapian yaitu membangkitkan percikan bunga api pada busi yang digunakan untuk membongkar campuran udara dan bahan bakar di dalam selinder.
2.       Fungsi coil pengapian yaitu untuk merubah tegangan rendah dari baterai menjadi tegangan tinggi untuk menghasilkan bunga api pada busi.
3.       Fungsi Komponen distributor terdiri dari “:
·         Menghubungkan dan memutuskan arus pada rangkaian primer sehingga coil menghasilkan menghasilkan tegangan  tinggi (bagian contak pemutus/platina)
·         Menjadikan tepatnya waktu pembangkitan tenaga tinggi sesuai dengan putaran mesin (bagian mekanis centrifugal advance dan vacum advance)
·         Meneruskan arus bertegangan tinggi pada busi sesuai dengan urutannya “:

Minggu, 26 Februari 2012

PENGERTIAN Pilot oil filter (320C)


Pilot oil filter
Oli dari pompa pilot sebelom menuju ke pilot manifol harus melewati filter dahulu agar kotorannya yang masih ada akan tersaring.
Pada filter tersebut terdapat bypass valve yang akan membypass aliran oli jika dihidupkan pada suhu terlalu dingin atau filter nya blok.
Hex 320C ini relief  valve untuk pilot systemnya terpasang pada housing filternya sehingga memudahkan untuk penyetelan.

PENGERTIAN Power shift pressure system (320C)



Power shift pressure system
Selama machine beroperasi controller menerima input-input sinyal dari beberapa komponen diantaranya “:
§  Engine speed dial
§  Engine speed sensor (MPU)
§  Pump pressure sensor kiri dan kanan
§  Monitor pada kabin
§  Feed back sensor pada governor actuator motor
Dari input-input tadi controller mengatur arus yang menuju solenoid PRV, dari  solenoid PRV ini tekanan oli dari pompa pilot di atur untuk diubah menjadi  “power shift pressurea” yang selanjutnya dikirim ke regurator pada pompa kiri dan kanan.
Jika kecepatan engine berkurang maka tekanan power shift akan naik dan pompa akan destroke. Begitu juga sebaliknya jika kecepatan engine naik kembali maka tekanan power shift akan turun yang akibatnya pompa menjadi “upstrokea’’.
Destroke : sudut pompa mengecil dan pompa sedikit berkurang
Upstroke : sudut pompa membesar sehingga outoput pompa menjadi lebih banyak

PENGERTIAN Pilot manifol (320C)


Pilot manifol
Fungsi pilot manifol adalah tempat pembagian aliran pilot sesuai dengan systemnya dan juga tempat solenoid yang banyak dipakai pada 320C ini.
Letak pilot manifol ini ada di bagian bawah dari pada control valve, sehingga kita harus membuka cover bagian bawah untuk melihat manifol valvenya/
Sirkuitnya pilot dapat diklasifikasikan sesuai dengan fungsinya yaitu “:
§  System power shift pressure
§  Sirkuit pilot control valve
§  Sirkuit straight travel valve
§  Swing parking brake
§  Boom priority
§  Swing priority
Automatic travel speed change

PENGERTIAN Performance monitor (320)


Performance monitor
Fungsi utama dari monitor ini adalah untuk memantau status actual kondisi dari machine dan  engine, selain itu juga monitor dapat melakukan diagnostic test serta melakukan pemprograman controller pada saat memilih tool yang sesuai.
Monitor ini hanya berisi layar LCD dan tombol navigasi untuk semua keperluan  pemahaman mengenai fungsi tombol ini sangat penting dalam melakukan fungsi-fungsi dari monitor tersebut diatas.
Controller menggunakan CAT data link dalam berkomunikasi dengan monitor ini.
Monitor ini dapat disetel arahnya untuk mendapatkan posisi pembacaan yang bagus.