Selamat Datang Di Blog Sederhana ini

Minggu, 26 Februari 2012

PENGERTIAN Power shift pressure system (320C)



Power shift pressure system
Selama machine beroperasi controller menerima input-input sinyal dari beberapa komponen diantaranya “:
§  Engine speed dial
§  Engine speed sensor (MPU)
§  Pump pressure sensor kiri dan kanan
§  Monitor pada kabin
§  Feed back sensor pada governor actuator motor
Dari input-input tadi controller mengatur arus yang menuju solenoid PRV, dari  solenoid PRV ini tekanan oli dari pompa pilot di atur untuk diubah menjadi  “power shift pressurea” yang selanjutnya dikirim ke regurator pada pompa kiri dan kanan.
Jika kecepatan engine berkurang maka tekanan power shift akan naik dan pompa akan destroke. Begitu juga sebaliknya jika kecepatan engine naik kembali maka tekanan power shift akan turun yang akibatnya pompa menjadi “upstrokea’’.
Destroke : sudut pompa mengecil dan pompa sedikit berkurang
Upstroke : sudut pompa membesar sehingga outoput pompa menjadi lebih banyak

PENGERTIAN Pilot manifol (320C)


Pilot manifol
Fungsi pilot manifol adalah tempat pembagian aliran pilot sesuai dengan systemnya dan juga tempat solenoid yang banyak dipakai pada 320C ini.
Letak pilot manifol ini ada di bagian bawah dari pada control valve, sehingga kita harus membuka cover bagian bawah untuk melihat manifol valvenya/
Sirkuitnya pilot dapat diklasifikasikan sesuai dengan fungsinya yaitu “:
§  System power shift pressure
§  Sirkuit pilot control valve
§  Sirkuit straight travel valve
§  Swing parking brake
§  Boom priority
§  Swing priority
Automatic travel speed change

PENGERTIAN Performance monitor (320)


Performance monitor
Fungsi utama dari monitor ini adalah untuk memantau status actual kondisi dari machine dan  engine, selain itu juga monitor dapat melakukan diagnostic test serta melakukan pemprograman controller pada saat memilih tool yang sesuai.
Monitor ini hanya berisi layar LCD dan tombol navigasi untuk semua keperluan  pemahaman mengenai fungsi tombol ini sangat penting dalam melakukan fungsi-fungsi dari monitor tersebut diatas.
Controller menggunakan CAT data link dalam berkomunikasi dengan monitor ini.
Monitor ini dapat disetel arahnya untuk mendapatkan posisi pembacaan yang bagus.

PENGERTIAN Electonic control system (320C)


Electonic control system
Dalam hal pengaturan aliran pompa serta aliran dalam mode operasinya hydraulik system dibantu oleh electronic control untuk melakukan fungsinya.
Electronic control mempunyai 3 tugas penting “:
1.      Mengontrol flow rate dari pompa, yang memungkinkan pompa mensuplay outpu yang optimum yang sesuai antara beban dan kecepatan engine.
2.      Mengontrol AEC (Automatic Engine Control), yang akan menurunkan kecepatan engine jika tidak ada beban yang diaplikasikan sehingga mengurangi konsumsi bahan bakar dan mengurangi kebisingan.
3.      Mengontrol output-output yang bervariasi sesuai dengan fungsinya.

PENGERTIAN Pilot valve (joystick) (320C)


Pilot valve (joystick)
Fungsing dari pilot valve ini adalah mengarahkan aliran dari pompa pilot ke masing-masing  spool pada control valve sesuai denagn fungsingnya.
Pilot valve ini juga  me”metering”aliran sesuai dengan pergerakan dari sticknya sehingga didapatkan gerakan yang halus dari masing-masing posisi.
Untuk 320 C switch-switch “work mode” sudah di tiadakan sebagai gantinya dari pilihan work mode tersebut adalah pergerakan dari pilot valve ini.
Contohnya jika kita ingin melakukan “swing priority” kita tinggal menggerakan pilot valve untuk swing lebih cepat/jauh sehingga vale-valve akan secara otomatis melakukan pengaturan priority tersendiri.