Selamat Datang Di Blog Sederhana ini

Sabtu, 04 Februari 2012

Jenis-jenis transmisi dan pengertiannya


Jenis-jenis transmisi
Transmisi yang digunakan pada kendaraan bermotor khususnya mobil dapat digolongkan menjadi 2, yaitu transmisi manual dan transmisi otomatis.
Transmisi manual di golongkan menjadi 3 macam “:
1.       Slidingmesh
Pada transmisi slidingmesh perpindahan kecepatan atau perubah momen dilakukan dengan cara meluncurkan roda gigi. Perkaitan roda akan menimbulkan bunyi yang keras dan padat merusak gigi-gigi pada roda giginya.

2.       Constanmesh
Transmisi constanmesh dilengkapi dengan gigi kopling yang lain sehingga perubahan momen tidak perlu meluncurkan roda gigi. Pada jenis ini ada roda gigi yang selalu berkaitan sehingga bunyi yang keas dapat dihindari. Pada transmisi slidingmesh dan transmisi constanmesh masih memerlukan waktu untuk menunggu gigi-gigi yang akan berkaitan dan berputar pada kecepatan yang sama.
3.       Synchromesh
Transmisi synchromesh dilengkapi dengan unit  sinkronizer yang berguna untuk menyamankan putaran roda gigi yang akan berkaitan sehingga diperoleh perkaitan roda-roda gigi yang lembut. Jenis inilah yang lebih banyak digunakan pada kendaraan daripada kedua jenis lainnya.
Transmisi manual adalah transmisi yang pemindahan posisi roda gigi atau perubahan kecepatan putar dilakukan dengan tangan melalui tuas-tuas pemindah.
Transmisi otomatis adalah kopling dan transmisi yang bekerja secara otomatis.
Transmisi manual kontruksinya sederhana, kesulitan yang ditimbulkan lebih ringan, biaya produksinya rendah, dan perawatannya mudah. Oleh karena itu, transmisi manual lebih banyak digunakan pada kendaraan dari pada transmisi otomatis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kawand-kawand jangan lupa coment yaaa!!!!!!
karena coment kalian ikut membantu blog ini berkembang
dan bila ada link yg rusak segera beritahu kami