Selamat Datang Di Blog Sederhana ini

Sabtu, 04 Februari 2012

PEMINDAHAN TENAGA


PEMINDAHAN TENAGA
Bagian-bagian Utama sistem pemindahan tenaga(Power Train)


Sistem pemindahan tenaga berfungsi untuk memindahkan tenaga putar dari mesin ke roda penggerak melalui komponen power train seperti kopling, transmisi, poros, penggerak, penggerak aksel(gardan), poros aksel.
Jenis-jenis kendaraan dapat kita bedakan menurut mekanisme pemindah tenaga:
1.       Mesin depan penggerak roda belakang(Front engine rear drive)
2.       Mesin depan penggerak roda depan(Front engine front drive)
3.       Mesin di belakang penggerak roda belakang(Rear engine rea drive)
4.       Mesin depan penggerak empat roda(four drive)
Kopling adalah ururtan pertama dalam rangkain sistem pemindah tenaga, yang terletak antara mesin dan transmisi.
KOPLING
Fungsing kopling :
·         Menghubungkan dan memutuskan putaran dari mesin ke transmisi.
·         Memperlambut gerakan awal jalannya kendaraan.
Macam-macam kopling
1.       Kopling gesek :
·         Pelat tunggal
·         Pelat banyak/pelat ganda(kering dan basah)
·         Model kerucut
2.       Kopling magnit
3.       Kopling fluida
4.       Kopling sentrifugal
5.       Over running clutch
Kopling gesek
Kopling gesek pelat tunggal
·         Type pegas diafragma
D:\blog\Otomotif02 copy.jpg
1.       Tuas pembebas
2.       Bantalan tekan
3.       Pegas kopling
4.       Pelat tekan
5.       Unit penekan

·         Type pegas  coil
D:\blog\Otomotif03 copy.jpg
6.       Roda gaya
7.       Poros engkol
8.       Pelat kopling
9.       Poros kopling(input shaft transmisi)
10.   Rumah kolping
Cara kerja
Posisi terhubung pegas penekan diagfragm/pegas coil menekan pelat penekan sehingga pelat kopling terhubung atau tertekan ke roda gaya.
Posisi bebas/terlepas pegas penekan diafragma (tuas pengungkit untuk kopling pegas coil) mengungkit pelat penekan sehingga pelat kopling bebas dari penekanan.

Kopling gesek pelat banyak
Pada kontruksi ini di mana plat penggeraknya (driving plate) di pasangkan pada alur (spline) yang terdapat pada clutch drum di hubungkan dan berputar bersama-sama dengan menggunakan roda penerus. Driven disc(plat yang di gerakkan) di pasang pada alur input shaft.
Driving disc dan driven disc dipasangkan berselang-seling dan dapat bergerak di sepanjang alur-alur clutch drum dan input shaft. Bila kopling di hubungkan, driving dan driven  drive di press menjadi satu oleh pegas kopling, sehingga putaran roda penerus di teruskan ke input shaft melalui clutch drum, driving disc dan driven disc. Bila pedal kopling ditekan, tegangan pegas tidak menekan disc( driving dan driven), sehingga driving disc tidak mampu memutarkan driven disc dan roda penerus berputas tanpa memutarkan driven disc dan input shaft. Kopling model ini di bedakan menjadi dua macam, yaitu :
v      Model basah, bekerjanya direndam dalam minyak atau oli yang digunakan pada sepeda motor dan transmisi otomatis.
v      Model kering, bekerjanya tidak direndam di dalam minyak dan di gunakan pada  truc-truk besar dan alat berat.

D:\blog\Otomotif0132.jpg        D:\blog\Otomotif0133.jpg


Kopling model kerucut
Cara kerja
Plate kerucut A di pasangkan pada roda penerus/crankshaft, sedangkan pelat kerucut B dipasangkan pada input shaft yang di jamin oleh pasak F pada permukaan luar dari kerucut dilapisi dengan kulit atau asbes. Pada saat mesin berputar dan pedal dilepas oleh adanya tegangan spring S plat B ditekan dan terhubungan pada plat A sehingga/putaran mesin diteruskan dari plat A ke input shaft melalui asbes dan plat B. Bila pedal P ditekan plat B bergerak  kekanan melawan tegangan pegas S. Akibatnya plat B terlepas dari plat A dan putaran/tenaga mesin tidak diteruskan ke input shaft. Kopling model ini sudah jarang digunakan.

Kopling sentrifugal
Cara kerja
Pada saat mesin mati atau pada saat berputar idling, tegangan pegas akan memungkinkan plat kopling dalam keadaan bebas, sehingga mesin tidak terhubungan dengan transmisi. Jika putaran mesin di percepat, gaya sentrifugal yang bekerja pada bobot akan menggerakan bobot kearah luar dan menarik plat sentrifugal dan plat penekan kearah roda penerus untuk menekan plat kopling dan back plate. Dengan demikian tenaga/putaran mesin dapat diteruskan ke transmisi. Bila putaran mesin berkurang hingga kira-kira 600 rpm kopling akan terlepas otomatis dengan demikian mesin bebas/tidak berhubungan dengan transmisi.
D:\blog\Otomotif0134.jpg                     D:\blog\Otomotif0136.jpg


Kopling fluida (Hydrolik clutch)
Digunakan pada transmisi otomatis, cara kerjanya berdasarkan adanya tekanan minyak yag diatur sesuai dengan membuka thottle valve, kecepatan putaran, beban mesin dan kendaraan.
Kopling magnet (magnetic clutch)
D:\blog\Otomotif0137.jpg                     D:\blog\Otomotif0138.jpg
Diguanakan pada compressor AC pada kendaraan. Kopling magnet mempunyai daya lekat yang renfah sehingga tidak digunakan sebagai kopling pemindah tenaga pada kendaraan.
Cara kerja
Bila tidak ada arus listrik yang  mengalir ke stator coil, akibatnya tidak ada gaya magnet yang digunakan untuk menarik kopling sehingga compressor  dalam keadaan bebas. Bila arus listrik dialirkan ke stator coil, gaya magnet pada stator akan menghubungkan plat pressure plat(Center piece) ke rotor, akibatnya putaran mesin dipindahkan ke compressor shaft dan compressor bekerja.

Over running clutch
Over running clutch biasa juga disebut Free Wheeling Clutch yang secara otomatis  dapat menghubungkan dan melepaskan hubungan poros-poros penggerak (driving shaft) dan driven shaft, tergantung pada perbandingan kecepatan putaran sudut dari poros-poros tersebut. Bila kecepatan putaran driving shaft melebihi kecepatan putaran driven shaft maka kopling akan menghubungkan dan driven shaft. Akan tetapi kecepatan driven shaft melebihi kecepatan putaran driving shaft, kopling akan bebas tanpa menghabat putaran driven shaft, sehingga driving shaft tidak berhubungan dengan driven shaft. Kopling ini banyak digunakan pada sistem penghubung motor stater.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kawand-kawand jangan lupa coment yaaa!!!!!!
karena coment kalian ikut membantu blog ini berkembang
dan bila ada link yg rusak segera beritahu kami