Selamat Datang Di Blog Sederhana ini

Senin, 05 Maret 2012

pengertian sinkromesh

Type sinkromesh
Dewasa ini pada mobil-mobil banyak digunakan transmisi model synchromesh. Seperti telah diuraikan di atas, keburukan pada sliding mesh dan constant mesh diperlukan waktu untuk menunggu hingga gigi-gigi yang akan berkaitan itu berputar, bila tidak, akan menimbulkan kerusakan. Tambahan gigi-gigi diperlukan keahlian. Karena itu, transmisi model baru yang telah diciptakan, di mana gigi-gigi dapat berkaitan, bila putarannya dibuat mendekati satu dan lainnya seketika dengan adanya tenaga gesek dan dengan demikian putaran akan menjadi sama, karena itu menyebabkan gigi-gigi lebih mudah berkaitan. Transmisi model baru ini adalah model sychromesh.
Transmisi model synchromesh mempunyai banyak keuntungan untuk pemindahan gigi dengan lembut dan cepat tanpa menimbulkan bahaya pada gig-gigi dan tidak memerlukan pelayanan dengan kopling ganda (double clutching)
Untuk memindahkan gigi dari yang lebih tinggi ke tingkat yang rendah pada saat mobil berjalan, pertama kopling dibebaskandan gigi di posisikan pada netral (bebas). Bagian-bagiannya terdiri dari gigi diposisikan pada gigi tiga (third gear) berada pada kecepatan yang tertinggi tetapi kecepatan gigi ketiga dalam hubungan dengan clutch hub sleeve lebih rendah dan menjadi lambat secara perlahan-lahan dengan adanya berbagai macam-macam tahanan.
Sebaliknya, clutch hub sleeve dan output shaft yang disatukan untuk menggerakan roda di sesuaikan dengan kecepatan kendaraan putaran yang besar pada clutch hub sleeve dan gigi ketiga. Dalam hal ini, pada sliding gear type, gigi ketiga bertambah putarannya oleh adanya double kopling  (double clutching), sehingga dengan bertambahnya putaran gigi ketiga untuk disesuaikan dengan putaran clutch hub sleeve. Sebuah kopling berbentuk kerucut (conical clutch) disebut sychronizer ring digunakan untuk menciptakan gaya gesekkan antara clutch hub sleeve dan gigi tiga berputar pada kecepatan yang sama kemudian gigi (alur-alur) akan berkaitan. Ini adalah prinsip kerja synchromesh.

1 komentar:

kawand-kawand jangan lupa coment yaaa!!!!!!
karena coment kalian ikut membantu blog ini berkembang
dan bila ada link yg rusak segera beritahu kami