Jenis-jenis transmisi
Transmisi yang digunakan pada kendaraan
bermotor khususnya mobil dapat digolongkan menjadi 2, yaitu transmisi manual
dan transmisi otomatis.
Transmisi manual di golongkan menjadi 3 macam
“:
1.
Slidingmesh
Pada transmisi slidingmesh perpindahan
kecepatan atau perubah momen dilakukan dengan cara meluncurkan roda gigi.
Perkaitan roda akan menimbulkan bunyi yang keras dan padat merusak gigi-gigi
pada roda giginya.
2.
Constanmesh
Transmisi constanmesh dilengkapi dengan
gigi kopling yang lain sehingga perubahan momen tidak perlu meluncurkan roda
gigi. Pada jenis ini ada roda gigi yang selalu berkaitan sehingga bunyi yang
keas dapat dihindari. Pada transmisi slidingmesh dan transmisi constanmesh
masih memerlukan waktu untuk menunggu gigi-gigi yang akan berkaitan dan
berputar pada kecepatan yang sama.
3.
Synchromesh
Transmisi synchromesh dilengkapi dengan
unit sinkronizer yang berguna untuk
menyamankan putaran roda gigi yang akan berkaitan sehingga diperoleh perkaitan
roda-roda gigi yang lembut. Jenis inilah yang lebih banyak digunakan pada
kendaraan daripada kedua jenis lainnya.
Transmisi manual adalah transmisi yang
pemindahan posisi roda gigi atau perubahan kecepatan putar dilakukan dengan
tangan melalui tuas-tuas pemindah.
Transmisi otomatis adalah kopling dan
transmisi yang bekerja secara otomatis.
Transmisi manual kontruksinya sederhana,
kesulitan yang ditimbulkan lebih ringan, biaya produksinya rendah, dan
perawatannya mudah. Oleh karena itu, transmisi manual lebih banyak digunakan
pada kendaraan dari pada transmisi otomatis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
kawand-kawand jangan lupa coment yaaa!!!!!!
karena coment kalian ikut membantu blog ini berkembang
dan bila ada link yg rusak segera beritahu kami