Bantalan
tekan (Release bearing)
Macam-macam
bantalan
1. Type bola menyudut, mampu menerima beban aksial dan menyudut
2. Type bola menghadap, mampu menerima beban aksial
3. Type graphite(karbon), tidak memerlukan pelumasan
Fungsing bantalan
tekan
Untuk meneruskan gaya
dorongan release fork ke diafragma spring (presure lever) pada saat pedal
kopling ditekan. Release bearing(bantalan tekan) dipasangkan pada bearing cup
dan digerakan maju mundur oleh release fork ( tuas pembebas) untuk membebaskan
plat kopling dari plat penekan
Persyaratan
bantalan tekan
v
Mampu meneruskan gaya tekan tuas
pembebas
v
Dapat berputar dalam kondisi
menekan
Pilot bearing
Berfungsi untuk
menumpu ujung bagian depan input shaft transmisi yang merupakan dudukan plat
kopling di mana pilot bearing ini dipasangkan pada ujung belakang poros engkol.
kebebasan master
silinder
1= Batang pendorong
dan mur penyetel master selinder kopling
A= Jarak bebas
batang pendorong terhadap piston master selinder kopling melalui pedal = 2 –
3mm
Penyetelan “:
Batang pendorong
dapat diputar maju/mundur dan di kunci oleh kedua mur
Kegunaan “:
Agar posisi piston
master selinder bisa kembali sampai batas ring penahan saat pedal tidak ditekan
(bebas)
Kebebasan selinder
kopling type yang dapat distel
Kontruksi selinder
pembebas kopling (release celynder) seperti pada gambar dibawah. Minyak
hidrolik dari master selinder menyebabkan piston pada release celynder
mendorong batang penekan (pushrod) dan mendorong garpu pembebas (clutch release fork).
Selinder kopling
pembebas mempunyai saluran pembuangan udara (bleader plug) yang berfungsi untuk
mengeluarkan udara dari saluran hidrolis, dan pegas pembalik yang berfungsi
menjaga agar garpu pembebas kopling dan batang penekan tetap bersentuhan satu
sama lainnya.
Penyetelan “:
Batang pendorong
selinder kopling dapat diputar maju/mundur dan dikunci oleh kedua mur penyetel
pada pushrod
Kegunaan “:
Agar bantalan tekan
tidak berhubungan dengan pegas diafragma maupun lengan penekan (pada jenis
pegas coil) pada saat pedal bebas.
v
Kebebasan tuas pembebas = 2 – 3 mm
v
Bila kebebasan nol mm bantalan dan
pegas diafragma/lengan penekan pegas coil akan cepat rusak.
Silinder pembebas
kopling type menyetel sendiri
Kebebasan garpu
pembebas kopling penyetelannya dilakukan dengan jalan merubah panjang batang
penekan. Pada kendaraan modern, untuk menghilangkan menyetelan gerak bebas
kopling maka diguakan selinder pembebas type menyetel sendiri. Pada selinder
pembebas type menyetel sendiri tidak menggunakan pegas pembalik garpu pembebas,
sebagai pengganti pada selinder pembebas
dipasang pegas (conical spring) yang perfungsi untuk menjaga agar garpu
pembebas selalu bersentuhan dengan batang penekan.
kasih tw semua materi kopling donk semua yang berhubungan dengan kopling
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapussejujurnya materi tentang kopling udh komplite tp kmu ga dapat aja di blog aku krn aku jarang online jd aku ga buat linknya
BalasHapusklik aja link di bawah ini buat materi koplingnya
http://forumalb.blogspot.com/2012/04/system-kopling-full.html
makasih atas kunjungannya
Bacot goblok
BalasHapusBacot goblok
BalasHapusBacot goblok
BalasHapusAnjg bocl ff comen
BalasHapus