Selamat Datang Di Blog Sederhana ini

Sabtu, 04 Februari 2012

PENGERTIAN MEKANISME PENGGERAK KOPLING


MEKANISME PENGGERAK KOPLING
                Mekanisme penggerak kopling dapat dibedakan sesuai cara kerjanya ; penggerak kopling hidrolik dan kopling mekanis.
v      Type penggerak kopling mekanis
Terdiri dari bagian-bagian sepaerti diperlihatkan pada gambar dibawah ini.  Pada type ini perpindahan tenaga dari pedal kopling diteruskan ke unit kopling secara langsung oleh kabel. Type ini kurang kuat bila digunakan untuk beban yang besar karena itu hanya cocok kendaraan ringan dan sedang.



v      Type penggerak kopling hidrolik
Pada type penggerak koplig ini, pergerakan pedal kopling dirubah oleh master silinder menjadi tekanan hidrolis, kemudian diteruskan ke unit kopling (release fork) melalui silinder pembebas (release cynder).
Type ini mempunyai komponen yang lebih banyak dibanding type penggerak mekanis, tetapi mampu memindahkan tenaga yang lebih besar sehingga sangat cocok untuk kendaraan sedang dan berat.

·         Keuntuangan “:
a.       Kehilangan tenaga karena gesek lebih kecil sehingga penekanan pedal kopling lebih ringan
b.      Pemindahan tenaga pedal kopling lebih cepat, sehingga kerja dari kopling lebih baik.
c.       Penempatan pedal kopling dan master silinder mudah di sesuaikan dengan keadaan.
·         Kerugian “:
a.       Kontruksi rumit
b.      Kerja kopling tidak akan baik jika terjadi kebocoran atau terdapat udara dalam system hidrolik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kawand-kawand jangan lupa coment yaaa!!!!!!
karena coment kalian ikut membantu blog ini berkembang
dan bila ada link yg rusak segera beritahu kami